Pemasaran
merupakan salah satu kegiatan-kegiatan pokok yang dilakuka oleh perusahaan
untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya,
untuk berkembang dan mendapatkan laba. Arti pemasaran sendiri sering
dikacaukan dengan pengertian-pengertian: (1) penjualan, (2) perdagangan, (3)
distribusi. Padahal istilah-istilah tersebut hanya merupakan satu bagian dari
kegiatan pemasaran secara keseluruhan.
Pengertian
pemasaran menurut William J. Staton merupakan suatu sistem keseluruhan dari
kegiatan-kegiatan usaha yang ditunjukan untuk merencanakan,menentukan
harga,mempromosikan dan mendistribusikan barang-barang dan jasa yang dapat
memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Sedangkan
definisi dari Philip Kotler, pemasaran merupakna kegiatan manusia yang
diarahkan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran. Proses
pertukaran ini kerja, penjual harus mencari pembeli, mengenali kegiatan mereka,
merencanakan produk yang tepat, mempromosikan produk tersebut, menyimpan dan
mengangkutnya, menegosiasi, dan sebagainya.
B. Pentingnya
pemasaran
Bilamana suatu perusahaa itu kita ibaratkan sebagia tubuh
manusia maka kegiatan pemasaran itu sebagai jantung manusia. Dengan kata lain
jika kerja jantung itu terganggu, maka terganggulah seluruh tubuhnya. Dan apabila
jantungnya berhenti bekerja maka meninggallah manusia tersebut. Dari pernyataan
itu hanyalah merupakan sekedar
perumpamaan tetang betapa pentingnya kegiatan pemasaran bagi perushaan yang
dapat kita umpamakan kerja jantung pada tubuh manusia.
Salah satu alasan penting belajar pemasaran adalah karena
pemasaran mempengaruhi hampir semua aspek kehidupan kita sehari-hari. Beberapa
kursus mungkin sangat menarik untuk anda ketika anda memutuskan untuk
mengikutinya namun kemudian tidak relevan lagi dalam dunia nyata. Namun tidak
demikian halnya dengan pemasaran, Anda akan menggunakannya di sepanjang hidup
anda.
Alasan lain belajar marketing
adalah bahwa kita sebagai pelanggan membayar aktivitas pemasaran yang telah
dilakukan oleh perusahaan. Pada ekonomi nyata biaya aktivitas pemasaran bisa
mencapai 50% dari harga yang kita bayar untuk suatu produk. Bahkan bisa jadi
lebih besar dari itu.
Selain itu, kenapa kita perlu
belajar pemasaran adalah kenyataan bahwa banyak sekali jenjang karir yang
menarik dan menjanjikan di bidang pemasaran. Pemasaran sering menjadi jalan
menuju puncak karir seseorang.
Bahkan jika anda tidak mempunyai
rencana berkarir di dunia bisnis, konsep dan tehnik pemasaran juga dapat
digunakan untuk organisasi nirlaba. Prinsip dasar yang digunakan untuk menjual
sabun dapat digunakan juga dalam "menjual" ide-ide, politikus,
transportasi umum, jasa kesehatan, museum bahkan tempat perkuliahan.
Satu alasan mendasar kenapa
belajar pemasaran karena pemasaran mempunyai peran yang sangat besar dalam
pertumbuhan dan perkembangan ekonomi. Pemasaran merangsang penelitian dan
ide-ide baru yang akan menghasilkan barang dan jasa baru yang inovatif. Pemasaran
juga memberikan pelanggan banyak pilihan dalam memenuhi kebutuhan mereka, dan
apabila pelanggan puas dengan produk yang digunakannya, maka produsen produk
tersebut akan membuka lowongan pekerjaan baru bagi masyarakat.
Sign up here with your email
ConversionConversion EmoticonEmoticon