PEMASARAN

A.  Pengertian
  Pemasaran merupakan salah satu kegiatan-kegiatan pokok yang dilakuka oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya,  untuk berkembang dan mendapatkan laba. Arti pemasaran sendiri sering dikacaukan dengan pengertian-pengertian: (1) penjualan, (2) perdagangan, (3) distribusi. Padahal istilah-istilah tersebut hanya merupakan satu bagian dari kegiatan pemasaran secara keseluruhan.
  Pengertian pemasaran menurut William J. Staton merupakan suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan usaha yang ditunjukan untuk merencanakan,menentukan harga,mempromosikan dan mendistribusikan barang-barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
  Sedangkan definisi dari Philip Kotler, pemasaran merupakna kegiatan manusia yang diarahkan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran. Proses pertukaran ini kerja, penjual harus mencari pembeli, mengenali kegiatan mereka, merencanakan produk yang tepat, mempromosikan produk tersebut, menyimpan dan mengangkutnya, menegosiasi, dan sebagainya.

B.  Pentingnya pemasaran
  Bilamana suatu perusahaa itu kita ibaratkan sebagia tubuh manusia maka kegiatan pemasaran itu sebagai jantung manusia. Dengan kata lain jika kerja jantung itu terganggu, maka terganggulah seluruh tubuhnya. Dan apabila jantungnya berhenti bekerja maka meninggallah manusia tersebut. Dari pernyataan itu  hanyalah merupakan sekedar perumpamaan tetang betapa pentingnya kegiatan pemasaran bagi perushaan yang dapat kita umpamakan kerja jantung pada tubuh manusia.
  Salah satu alasan penting belajar pemasaran adalah karena pemasaran mempengaruhi hampir semua aspek kehidupan kita sehari-hari. Beberapa kursus mungkin sangat menarik untuk anda ketika anda memutuskan untuk mengikutinya namun kemudian tidak relevan lagi dalam dunia nyata. Namun tidak demikian halnya dengan pemasaran, Anda akan menggunakannya di sepanjang hidup anda.
  Alasan lain belajar marketing adalah bahwa kita sebagai pelanggan membayar aktivitas pemasaran yang telah dilakukan oleh perusahaan. Pada ekonomi nyata biaya aktivitas pemasaran bisa mencapai 50% dari harga yang kita bayar untuk suatu produk. Bahkan bisa jadi lebih besar dari itu.
Selain itu, kenapa kita perlu belajar pemasaran adalah kenyataan bahwa banyak sekali jenjang karir yang menarik dan menjanjikan di bidang pemasaran. Pemasaran sering menjadi jalan menuju puncak karir seseorang.
  Bahkan jika anda tidak mempunyai rencana berkarir di dunia bisnis, konsep dan tehnik pemasaran juga dapat digunakan untuk organisasi nirlaba. Prinsip dasar yang digunakan untuk menjual sabun dapat digunakan juga dalam "menjual" ide-ide, politikus, transportasi umum, jasa kesehatan, museum bahkan tempat perkuliahan.
  Satu alasan mendasar kenapa belajar pemasaran karena pemasaran mempunyai peran yang sangat besar dalam pertumbuhan dan perkembangan ekonomi. Pemasaran merangsang penelitian dan ide-ide baru yang akan menghasilkan barang dan jasa baru yang inovatif. Pemasaran juga memberikan pelanggan banyak pilihan dalam memenuhi kebutuhan mereka, dan apabila pelanggan puas dengan produk yang digunakannya, maka produsen produk tersebut akan membuka lowongan pekerjaan baru bagi masyarakat.
  
Previous
Next Post »